Wednesday, November 6, 2013

Penyakit Ginjal

Nyeri punggung biasanya dikenal dengan gejala penyakit ginjal yang paling umum. Bagi Anda yang sering merasakan nyeri punggung, tidak perlu khawatir terlebih dahulu karena nyeri di punggung bisa disebabkan oleh beragam penyakit, tidak hanya penyakit ginjal. Nyeri punggung sebagai gejala penyakit ginjal memiliki ciri – ciri terentu yang akan kami ulas pada postingan kali ini.

Gejala Penyakit Ginjal – Kenali Gejala – Gejala Penyakit Ginjal Sejak Dini

Ciri-ciri Gejala Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal tidak jarang sulit dideteksi karena gejalanya yang tidak begitu mencolok sehingga sering diabaikan oleh si penderita. Bahkan pada awalnya penyakit ginjal sering tidak menunjukan gejala yang berarti sama sekali. Namun, hampir semua orang menganggap bahwa nyeri di pinggang yang serius bisa jadi merupakan gejala dari penyakit ginjal. Meskipun sebenarnya tidak semua sakit pinggang menunjukan penyakit ginjal. Jadi, pada saat Anda merasakan sakit pinggang, cobalah untuk minum air yang lebih banyak, kurangi konsumsi gula dan garam dan sering bergerak (tidak duduk dalam jangka waktu yang lama). Jika gejala sakit pinggang mulai berkurang, bisa jadi sakit tersebut sudah teratasi.
Namun, apabila gejala sakit pinggang yang diderita menunjukan beberapa tanda di bawah ini, maka cobalah pastikan dengan pemeriksaan lebih lanjut seperti X-ray dan USG. Tanda-tanda tersebut diantaranya :
  • Nyeri di pinggang sangat sakit sekali hingga Anda bisa berguling – guling karena kesakitan dan sakit pinggang ini sering datang tiba – tiba atau bersifat kolik dalam keadaan yang berat. 
  • Nyeri ini muncul di bagian bawah tulang punggung, pada bagian belakang samping pinggang dan bisa juga hingga merambah ke bagian bawah perut, daerah kemalian hingga lipat paha.
  • Nyeri pinggang bisa muncul dan dirasakan pada saat buang air kecil secara bersamaan.
  • Munculnya darah pada saat buang air kecil juga yang ditandai dengan perubahan warna urine menjadi pink, coklat, atau merah.
  • Urine yang dikeluarkan beraroma bau atau tidak enak.
  • Mual atau muntah sering menyertai rasa nyeri di pinggang.
  • Sering buang air kecil dengan intensitas yang lebih sering dari biasanya. 
  • Penderita ginjal juga bisa menderita panas dan menggigil apabila ada infeksi.
Gejala Penyakit Ginjal
Gejala penyakit ginjal lainnya yang bisa Anda kenali selain sakit pinggang di atas diantaranya :
  • Muncul rasa gatal yang berlebih pada tubuh ataupun ruam di kulit dikarenakan penumpukan kotoran pada darah yang tidak bisa disaring oleh ginjal. Gatal ini bisa juga menimbulkan darah dan juga pembengkakan.
  • Sesak nafas berlebih juga merupakan gejala penyakit ginjal yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen dalam tubuh yang disebabkan oleh kerusakan fungsi ginjal.
  • Penderita ginjal juga cenderung merasakan kedinginan terutama di malam hari dikarenakan fungsi ginjal yang rusak dapat menyebabkan anemia, dan anemia bisa membuat tubuh merasa kedinginan.
  • Selain itu, akibat anemia yang disebabkan kegagalan ginjal ini juga membuat tubuh menjadi sering merasa lemas, pucat dan tidak bertenaga
  • Nafsu makan penderita penyakit ginjal sering kali turun menyusut sedangkan tekanan darahnya naik.
  • Gejala penyakit ginjal juga bisa berupa sulit tidur.
Itulah beberapa gejala penyakit ginjal yang bisa dikenali sejak dini. Dengan mengenali gejala penyakit ginjal sejak dini, Anda bisa melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan yang diperlukan dengan lebih cepat dan menghindari akibat penyakit ginjal yang lainnya.

No comments:

Post a Comment